Mengarungi Malam, Heli Panther Wing Udara 2 Laksanakan Latihan SBO di KRI REM - FOCUS REMBANG

Kamis, 12 Oktober 2023

Mengarungi Malam, Heli Panther Wing Udara 2 Laksanakan Latihan SBO di KRI REM

PUSPENERBAL | Skuadron Udara 100 sebagai Skuadron yang mengoperasikan helikopter AS565 MBe Panther, merupakan salah satu helikopter yang sering digunakan operasi di Kapal Perang Indonesia. Pada Kamis (12/10/2023), Skuadron Udara 100 melaksanakan terbang malam di Kapal Perang, KRI R.E. Marthadinata.

Komandan Wing Udara 2, Kolonel Laut (P) Ma'arif, S.H. saat hadiri briefing sebelum terbang menekankan, penerbangan saat terbang malam berbeda dengan terbang di siang hari apalagi ditambah dengan Ship Board Operation (SBO) harus benar-benar memerhatikan keselamatan terbang dan kerja. 

Operasi ini tentunya sebagai bekal bagi penerbang Skuadron Udara 100 untuk melaksanakan operasi di masa mendatang, terlebih dalam beberapa waktu belakangan, heli AS 565 MBe Panther ini sering digunakan untuk operasi khsusunya operasi dalam misi Maritime Task Force (MTF) dibawah Persatuan Bangsa-Bangsa sebagai pasukan perdamaian.

Helikopter ini tentunya selain sebagai angkut taktis juga memiliki kemampuan sebagai heli anti kapal selam yang dimiliki TNI Angkatan Laut dibawah operasi Wing Udara 2 Puspenerbal.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda