14 Perusahaan Ikuti Job Fair SMK KAL-1 Surabaya - FOCUS REMBANG

Rabu, 25 Oktober 2023

14 Perusahaan Ikuti Job Fair SMK KAL-1 Surabaya

Surabaya, (25/10) | Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 selama dua hari (25-26 Oktober 2023 ) melaksanakan Job Fair dengan menghadirkan 14 Perusahaan, para alumni , siswa SMK / SMA dan dari Perguruan Tinggi (UHT), pembukaan Job Fair oleh Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah  Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP berlangsung di halaman sekolah.

Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd., M.Pd mengawali acara dengan laporan kepada Kapeng YHT bahwa pelaksanaan Job Fair SMK KAL-1 merupakan yang pertama kali sejak  sekolah ini berdiri dan ini berkaitan dengan program SMK PK Reguler Tahap 4.

Job Fair yang dilaksanakan  SMK KAL-1  merupakan program dari SMK PK Reguler Lanjutan Tahap 4, dimana  dana yang diterima oleh SMK KAL-1 merupakan  rencana anggaran belanja ( RAB ) yang di dalamnya termasuk dana untuk kegiatan Job Fair ,  dana untuk menghadirkan dari balai besar, dana upskilling guru-guru dan lain-lain.

Sebagai pamungkas sambutan Kasatdik SMK KAL-1 menyampaikan tujuan diadakannya Job Fair adalah untuk menjembatani / mempertemukan atau memfasilitasi pihak perusahaan dengan siswa kelas XII dan Alumni SMK KAL-1,  menempatkan ke dalam posisi pekerjaan yang tepat sesuai bakat, minat, dan kompetensinya.

Disamping itu Job Fair diselenggarakan untuk membantu perusahaan menemukan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan serta untuk   meminimalisir angka pengangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja.

Pada kesempatan Job Fair yang baru pertama kali di selenggarakan oleh SMK KAL-1 , dihadiri 14  terdiri dari : PT Sumber Alfaria Trijaya TBK, BTPN Syariah, PT Micro Mandiri Institute, PT Bambang Jaya, PT Datek Inovasi Nusantara, PT Panca Pilar Utama, PT Singgasana  Terang Nusantara, PT Golden Ocean Internasional, PT Karya Manunggal Jati, PT Bhinneka Land, PT Siroja  Jaya Indonesia, PT Tri Wimrama Indonesia, PT BCA TBK Kantor Cabang Benowo dan PT Bumi Menara Internusa.

Sementara itu Pengawas SMK Saifullah ,S.Pd., M.A.P menyampaikan bahwa dari 115 SMK PK se-Surabaya masuk dalam 15 SMK PK dimana 7 diantaranya  menjadi binaan Pengawas Saifullah,  salah satunya adalah SMK KAL-1, maka dari itu saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT semoga sekolah ini  tetap jaya. Menurutnya Job Fair ini merupakan keharusan bagi semua SMK, khususnya SMK PK, harapannya adalah agar siswa bisa mendata atau untuk menjembatani antara siswa yang berada dikelas XII serta alumni dengan dunia industri / dunia usaha. Pengawas juga menyampaikan ucapan banyak terima kasih  kepada perusahaan- perusahaan yang kali ini hadir di SMK KAL-1.

Sebagai sambutan terakhir dari  Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP dalam sambutannya mengharapkann bahwa saatnya para siswa untuk mencari informasi ke perusahaan- perusahaan / DUDI yang hadir di SMK KAL-1 disesuaikan dengan jurusannya masing- masing. Harapannya Job Fair ini bisa berlanjut karena dapat membantu para alumni dalam mencari pekerjaan.

Seusai pembukaan Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd., M.Pd , Pengawas SMK Saifullah, S.Pd., M.A.P dan Kadisperinaker Slamet Budiono, S.Psi., M.T meninjau beberapa stan DUDI  yang turut serta dalam Job Fair SMK KAL-1. Tidak ketinggalan  78  siswa SMK KAL-1 dan siswa SMK KAL-2  serta para alumni turut serta mencari informasi ke stan perusahaan -perusahaan yang hadir.

(yht/dar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda